• Jelajahi

    Copyright © saluran informasi kesehatan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

    Mas Yadi
    Saturday, November 30, 2019, 11/30/2019 07:33:00 AM WIB Last Updated 2021-06-20T05:06:23Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan -- Belimbing wuluh memang dikenal mempunyai rasa yang sedikit asam namun segar. Dengan rasanya yang unik ini banyak kalangan yang memanfaatkan buah belimbing wuluh sebagai materi baku pembuatan rujak. Belimbing wuluh bukanlah belimbing buah. Belimbing wuluh merupakan jenis lain dari buah belimbing yang biasa kita makan. Ukuran dari belimbing wuluh tidaklah sebesar buah belimbing yang kita ketahui. Ukuran belimbing wuluh kurang lebih hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Dari segi rasa, terang sangat berbeda dengan buah belimbing yang biasanya. Belimbing wuluh cenderung berasa asam atau kecut sedangkan buah belimbing biasanya sedikit berasa manis.
    Meskipun ukuran dari belimbing wuluh ini tergolong kecil. Namun jangan dikira tidak mempunyai segudang kandungan gizi. Apa saja yang sanggup diperoleh dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh? Mari satu persatu kita membahasnya supaya lebih jelasnya.


    Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

    Belimbing wuluh sudah semenjak usang digunakan untuk materi masakan. Dengan menambahkan belimbing wuluh didalam kuliner akan menawarkan efek segar ketika memakannya. Makanan yang biasanya disajikan dengan belimbing wuluh ialah asinan dan rujak. Dua jenis kuliner ini aslinya terasa sangat pedas jikalau tidak dicampur dengan belimbing wuluh. Namun ketika belimbing wuluh ditambahkan, rasa asam yang khas dari buah ini akan menawarkan rasa yang segar dalam rujak tersebut. Rasa yang alami akan muncul selepas menikmatinya. 

    Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan  Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

    Selain manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, belimbing wuluh juga masih mempunyai jutaan manfaat. Siapa sangka buah berukuran kecil ini merupakan sumber yang bagus untuk vitamin C dan sekaligus sebagai obat-obatan tradisional. Belimbing wuluh ini mempunyai kegunaan untuk meredakan sakit gigi, tanda-tanda diabetes, dan sakit batuk. Unsur-unsur seperti Glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat merupakan zat-zat yang baik yang terkandung didalam belimbing wuluh. Unsur-unsur inilah yang berperan aktif dalam meredakan penyakit yang telah disebutkan diatas.


    Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Belimbing wuluh merupakan tumbuhan yang serba guna. Sama halnya dengan tumbuhan pisang yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Mulai dari daun, batang, buah, dan bunganya sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bagian-bagian tumbuhan ini sangat baik digunakan sebagai racikan obat alami. Sehingga hampir semua bab tumbuhan ini sangat baik untuk mengobati banyak sekali macam penyakit.

    Berikut ini yaitu manfaat yang sanggup diperoleh dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh.

    Mengobati Batuk

    Belimbing wuluh sanggup mendapatkan amanah sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit batuk pada anak-anak. Cara yang sanggup ditempuh untuk mengobati batuk ialah dengan cara ambil 3 buah belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya. Tambah dengan satu gelas air. Campuran ditim beberapa jam. Setelah adonan dingin, saring dengan kain. Minum dua kali dalam sehari ketika belum makan.

    Mengobati Diabetes

    Belimbing wuluh mempunyai kegunaan untuk meredakan tanda-tanda penyakit diabetes. Cara yang sanggup digunakan ialah dengan mengambil 6 buah belimbing wuluh kemudian dilumatkan. Selanjutnya, tinggal pribadi direbus dengan segelas air. Tunggu sampai air rebusan tinggal menyisakan separuhnya. Saring dan minumlah dua kali sehari. Rasa asam yang terdapat didalam buah ini akan menekan pertumbuhan tanda-tanda diabetes.

    Mengobati Sakit Gigi

    Untuk mengobati gigi yang berlubang tidaklah memerlukan harus pergi ke dokter. Cukup dengan menumbuk buah belimbing wuluh ini dan menaruhnya di gigi yang berlubang maka sakit gigi yang Anda rasakan akan sedikit reda. Tekuni dan berdoalah semoga cepat sembuh.

    Mengobati Darah Tinggi

    Sejak dahulu kala belimbing wuluh sudah dikenal sebagai obat tradisional. Yang paling sering ditemukan ialah sebagai obat pencegah darah tinggi. Cara yang paling gampang ialah dengan merebus 3 buah belimbing bersama dengan 2 gelas air. Tunggu sampai air rebusan menjadi 1/2 gelas. Minumlah setiap hari 1 kali saja sampai tekanan darah yang Anda derita berkurang.

    Obat Sariawan

    Mendengarnya saja mungkin Anda akan berfikir dua kali jikalau hendak mengobati sariwan dengan belimbing wuluh ini. Bagaimana tidak? Rasa yang ditimbulkan ketika belimbing wuluh dioleskan di bab sariwan perih bukan main. Cara ini terbilang cukup ekstrim tapi terbukti mujarab.

    Masih banyak lagi manfaat yang dikandung dalam belimbing wuluh ini. Terus gali manfaat buah dan sayuran yang ada disekitar kita. Allah sudah membuat semua ini maka manfaatkanlah. Jangan dirusak tetapi dirawat. Semoga bermanfaat.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler