• Jelajahi

    Copyright © saluran informasi kesehatan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Lengkuas Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

    Mas Yadi
    Thursday, October 31, 2019, 10/31/2019 10:33:00 AM WIB Last Updated 2019-12-19T12:13:43Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Khasiat Luar Biasa Lengkuas Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh -- Ibu - ibu rumah tangga niscaya kenal dan familiar dengan flora yang satu ini. Biasanya ibu - ibu rumah tangga memakainya untuk mempersedap masakan. Yap... Lengkuas atau yang lebih dikenal dengan Laos ini ternyata selain mempunyai khasiat yang banyak dalam kuliner ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Lengkuas ini merupakan genus dari Alpinia dan masih tergolong kedalam spesies Galanga. Tanaman ini termasuk kedalam flora kunyit atau umbi-umbian dan gampang ditemukan di dataran rendah.

    Lengkuas atau laos merupakan flora obat. Banyak dan bahkan hampir disetiap perkarangan rumah niscaya ada flora ini. Tanaman lengkuas terbilang gampang untuk ditanam. Makanya, Lengkuas biasanya dijadikan sebagai alternatif obat jikalau terjadi duduk masalah didalam badan kita. Oh iya sob, namun jangan hingga salah ya sebab lengkuas hampir menyerupai dengan jahe. Yang membedakan hanya daging dan aromanya. Lengkuas lebih keras dibandingkan dengan Jahe. 
    Apa saja sih yang sanggup kita peroleh dari lengkuas? Yuk mari sob kita bahas bareng-bareng disini semoga lebih sempurna.


    Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

    Lengkuas sangat bermanfaat bagi badan kita. Biasanya kepingan lengkuas yang dimanfaatkan untuk kesehatan yaitu rimpangnya. Makara bukan daun dan batang tanamannya. Rimpang yaitu umbi pada flora lengkuas. Kan tadi sudah admin kasih tahu kalau lengkuas termasuk flora kunyit atau umbi-umbian. Makara kepingan flora ini yang banyak dimanfaatkan yaitu kepingan umbinya. Bagian umbi pada lengkuas banyak mengandung minyak asitri. Tak hanya itu, didalam rimpang lengkuas masih banyak mengandung amilum, kamper, dsb. 

    Bagi sahabat sehat yang sedang menderita penyakit tertentu tidak perlu membeli obat kimia untuk mengobati penyakit sahabat sebab lengkuas banyak dijadikan sebagai obat herbal. Penyakit apa saja sih sob? Ini dia...

    1. Sebagai Obat Panu, Kadas dan Kurap

    Lengkuas dipercaya sanggup mengobati penyakit kulit. Penyakit kulit yang dimaksud yaitu kadas ataupun kurap. Mau bukti? Coba saja sob dengan menumbuk halus lengkuas lalu mengoleskannya pada penyakit kadas, panu, dan kurapnya. Bila masih resah pakai juga ramuan menyerupai berikut ini. 1 rimpang lengkuas, kapur sirih, dan air secukupnya. Tumbuk semuanya hingga halus lalu oleskan pada yang sakit.

    2. Sebagai Pencegah Sel Tumor menjadi Sel Kanker

    Senyawa yang dikandung lengkuas dipercaya sanggup mencegah tumbuhnya sel tumor menjadi sel kanker. Senyawa yang dimaksud adalah transkoniferil. Senyawa ini bisa mengurangi kinerja enzim xanthin.

    3. Sebagai Penambah Nafsu Makan

    Lengkuas ternyata bisa menambah nafsu makan. Caranya kumpulkan ramuan-ramuan herbal berikut ini. 1 rimpang lengkuas, 1 rimpang temulawak, adas pulawaras, dan 1 tangkai meniran. Jika sudah terkumpul semua, basuh hingga bersih. Kalau sudah, iris menjadi tipis-tipis. Rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan tereduksi menjadi 1 gelas saja. Kemudian saring sari-sarinya. Minum secara teratur 3x sehari.

    4. Sebagai Obat Batuk

    Lengkuas ternyata juga sangat handal dalam menangani sakit batuk. Cara yang sanggup sahabat ambil untuk mengobati sakit batuk yaitu dengan mengumpulkan ramuan herbal menyerupai berikut ini. 1 rimpang lengkuas dan temulawak kira-kira ukurannya sebesar ibu jari, 1 genggam daun pecut kuda, ditambah setengah daun iler, daun kayu bagus secukupnya, dan keningar. Apabila ramuan sudah terkumpul semua jangan lupa untuk dicuci hingga bersih. Tumbuk hingga halus. Terakhir, rebus dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan pagi dan sore setiap hari hingga batuknya reda.


    5. Sebagai Campuran Kosmetik

    Ternyata lengkuas banyak mengandung antioksidan. Zat antioksidan ini bisa menahan penuan dini pada kulit wajah. Tak hanya itu, antiokasidan lengkuas bisa menahan serangan benda abnormal yang masuk kedalam tubuh. Benda abnormal yang dimaksud yaitu racun. Makara ketika racun masuk kedalam badan akan dengan sendirinya sanggup dikeluarkan dengan pemberian zat antioksidan pada lengkuas.


    6. Sebagai Obat Jerawat

    Dengan mengkonsumsi Jus Lengkuas ketika infeksi mulai keluar pada wajah kita dengan rutin maka sahabat sehat secara tidak eksklusif mengobati infeksi dari dalam. Tak hanya itu, lengkuas juga sanggup digunakan untuk membersihkan kulit kusam dan flek hitam bekas kecelakaan atau kebakaran. Tidak percaya? Sobat sehat coba dulu deh ya..


     7. Sebagai Obat rematik atau pegal linu

    Sebagai obat rematik sahabat sehat sanggup mengikuti saran admin dengan cara sebagai berikut. 2 rimpang lengkuas dan 1 kuning telur ayam kampung. Setelah terkumpul, basuh lengkuas lalu lengkuas diparut dan diambil sarinya. Jika sudah, campurlah sari tadi dengan kuning telur yang sudah di siapkan. Aduk hingga merata dan minum 1x sehari secara rutin.

    [Baca Juga : Tips Sehat Menghilangkan Jerawat Secara Alami]

    Demikianlah artikel admin sehat perihal khasiat lengkuas dalam menjaga kesehatan. Pada dasarnya ketika menggunakan lengkuas sebagai obat herbal. Sobat sehat sanggup mengambil dua cara, yaitu pengobatan dari dalam atau dari luar. Ya sahabat sehat sudah tahulah apa beda antar keduanya. Dari dalam berarti mengkonsumsi sari-sari dari lengkuas alangkah lebih baik ditambah madu. Sedangkan dari luar hanya menghaluskan lengkuas lalu mengoleskannya pada penyakit kulit yang nampak dari luar.

    Semoga bermanfaat. Jangan lupa kritik dan sarannya gan. Salam sehat.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler