• Jelajahi

    Copyright © saluran informasi kesehatan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Manfaat Kulit Manggis Bagi Tubuh Untuk Kesehatan

    Mas Yadi
    Thursday, November 28, 2019, 11/28/2019 07:53:00 AM WIB Last Updated 2021-06-20T02:16:37Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Manfaat Kulit Manggis Bagi Tubuh -- Buah yang satu ini mempunyai nama latin Garcinia mangostana L dan termasuk kedalam family Clusiaceae. Ya.. benar sekali buah yang dalam bahasa Indonesia ini disebut dengan Buah Manggis. Buah manggis mempunyai sebutan yang sangat istimewa yaitu Queen Fruit. Jika kita melihat kedalam buah ini maka daging buah dari manggis ini akan terlihat sangat putih dan lembut. Sedangkan struktur dari buah ini cukup berserat namun mempunyai rasa yang cukup renyah.

    Dari segi rasa, buah manggis sangatlah elok dan mempunyai kandungan air yang tidak mengecewakan banyak sehingga sangatlah pas jikalau dimakan pada waktu siang hari. Namun siapa yang mengira, selain dari daging buahnya yang mempunyai sejuta manfaat ternyata khasiat utama dari buah manggis ini justru terletak pada bab kulit buahnya. Baca 

     benar sekali buah yang dalam bahasa Indonesia ini disebut dengan Buah Manggis Manfaat Kulit Manggis Bagi Tubuh

    Dengan adanya banyak penelitian akhir-akhir inim menciptakan khasiat kulit manggis ini menjadi terkenal. Kulit buah manggis ini mempunyai donasi yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Apa saja sih yang terdapat di kulit manggis? Dan apa saja keuntungannya bagi kesehatan? Mari kita bahas satu demi satu.


    Kandungan Kulit Buah Manggis

    Berikut ini yaitu kandungan zat-zat yang terdapat didalam kulit buah Manggis. Apa saja?


    Vitamin C

    Dalam 100 gram daging buah manggis mengandung kurang lebih 12 % vitamin C yang sanggup disumbangkan kedalam badan manusia. Kegunaan vitamin C ini yaitu sebagai Antioksidan. Vitamin C merupakan vitamin yang gampang larut air. Fungsi dari vitamin C yaitu meningkatkan kekebalan badan dari banyak sekali macam penyakit.


    Vitamin B Kompleks

    Thiamin, niacin, dan folat merupakan vitamin B kompleks yang terkandung didalam buah Manggis. Fungsi dari vitamin ini ialah sebagai kofaktor dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.


    Kalori

    Ternyata buah manggis mempunyai kalori yang rendah. Sehingga, buah manggis merupakan sajian yang pas bagi yang melaksanakan diet alami. Ada sekitar kurang lebih 63 kalori dalam 100 gram buah manggis. Selain rendah kalori, buah manggis juga tidak mengandung lemak dan kolesterol. Dalam mencukupi kebutuhan serat, buah manggis sanggup menunjukkan 13% dalam 100 gram buah manggis kedalamm tubuh.

    Xanthone

    Xanthones yaitu komponen aktif utama yang dimiliki oleh buah manggis. Xanthone merupakan senyawa yang menyerupai dengan polifenol yang gres ditemukan. Jika dilihat secara biologis senyawa aktif dan secara struktural menyerupai dengan bioflavanoids. Senyawa ini yaitu senyawa yang sangat jarang sekali ditemukan di alam bebas. Hanya terdapat sekitar 2 keluarga besar tumbuhan yang mempunyai senyawa luar biasa ini. Sekitar 200 macam xanthones yang sanggup ditemukan, 40 diantaranya ditemukan dalam buah manggis. Sehingga sisanya dimiliki oleh jenis buah lain.

    Setelah mempelajari kandungan senyawa yang dimiliki oleh buah manggis. Alangkah lebih baik jikalau kita membahasa manfaat yang didapat jikalau mengkonsumsi kulit buah manggis. Baca Juga: Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan


    Manfaat Kulit Manggis

    Berikut ini yaitu manfaat yang didapat sehabis mengkonsumsi kulit buah manggis. Ada beberapa hal yang sangat penting disini maka baca dengan seksama.


    Obat Anti Kanker

    Senyawa yang sangat baik terkandung didalam kulit dan buah manggis untuk membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa yang dimaksud yaitu senyawa xanthones. Sifat dari senyawa ini adalah anti proliferasi dan apoptosis. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis atau kapsul obat yang terbuat dari buah/kulit manggis jikalau ingin membunuh pertumbuhan sel kanker.


    Mencegah Penyakit Jantung

    Selain sebagai obat anti kanker, buah manggis juga sangat baik untuk mengobati penyakit jantung. Mineral menyerupai tembaga, mangan, dan magnesium juga terkandung didalam buah manggis. Tidak hanya itu, Kalium yang berfungsi sebagai komponen penting dari sel dan cairan badan yang mempunyai kegunaan untuk membantu mengontrol detak jantung bahkan tekanan darah juga terdapat didalam buah manggis. Kaprikornus mengkonsumsi kulit manggis yang berupa kapsul sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko stroke dan jantung koroner.

    Obat Sariawan

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah manggis mengandung vitamin C sehingga sangat baik sekali untuk mengatasi sariawan. Cara yang sanggup digunakan untuk mengobati sariawan ialah dengan memotong kecil-kecil kulit dari 2 buah manggis. Jangan lupa untuk mencucinya. Rebus kulit manggis dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan tinggal 50 % dari sebelumnya. Tunggu hingga dingin. Saring dan pakailah untuk berkumur.

    Demikianlah manfaat kulit manggis yang sanggup dibagi. Perhatikan, pakailah sesuai dengan takarannya. Jika tidak maka akan mendapat pengaruh samping. Efek samping apa sehabis mengkonsumsi kulit manggis yang berlebihan. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan kulit manggis sanggup ringan dan lumayab. Apa saja? Baca juga: Tips Sehat Menghilangkan Jerawat Secara Alami

    Alergi ringan meliputi kulit memerah, pembengkakan, gatal-gatal di beberapa bab tubuh, serta kulit bersisik. Sedangkan pengaruh tidak mengecewakan ialah sanggup menghipnotis sistem kerja badan diantaranya, nyeri otot dan sendi, mual dan kembung, sakit kepala, dan insomnia.

    Nah menurut fakta tersebut maka disarankan biar selalu menggunakan sesuatu tidak melebihi batas. Sesuatu yang berlebihan selalu tidak baik. Semoga bermanfaat
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Tag Terpopuler

    NamaLabel

    +